Jumat, 04 Mei 2018

Macam-Macam Energi Dan Penggunaannya Dalam Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasanya melaksanakan banyak sekali kegiatan atau aktivitas. Semua kegiatan tersebut membutuhkan energi. Misalnya berangkat ke sekolah, berolahraga, belajar, dan bermain pastinya membutuhkan energi. Sedangkan energi tersebut sanggup kita peroleh dari sumber-sumber energi yang ada di sekitar kita. Sumber energi yang dibutuhkan insan berasal dari materi kuliner yang dimakan. Selain makanan, masih ada banyak sumber energi lainnya, contohnya matahari, listrik, dan materi bakar minyak bumi. Kaprikornus kesimpulannya, tanpa energi kita tidak sanggup melaksanakan kegiatan. Untuk lebih memahami ihwal energi, simak pembahasan berikut ini...

Pengertian Energi

Kata energi berasal dari bahasa Yunani yaitu ”ergon” yang berarti kerja. Dalam hal ini yang dimaksud kerja yakni kegiatan atau kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Jadi, sanggup disimpulkan bahwa energi yakni kemampuan untuk melaksanakan usaha/kerja.

Satuan Energi

Satuan Internasional (SI) untuk energi yakni Joule (J). Satuan ini dipakai untuk menghormati james Presscot Joule dan percobaannya dalam persamaan mekanik panas. Dalam istilah yang lebih fundamental 1 Joule = 1 Newton-Meter dan 1 Joule = 1kg m² s-²

Hukum Kekekalan Energi

Energi tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan. Tetapi energi sanggup berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.

Macam-macam Energi

Dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, ada banyak sekali macam bentuk energi yang kita gunakan. Berikut ini yakni macam-macam energi dan contohnya.
 kita biasanya melaksanakan banyak sekali kegiatan atau kegiatan Macam-macam Energi dan Penggunaannya dalam Kehidupan

1. Energi Otot

Energi otot yakni energi yang dihasilkan oleh otot tubuh. Misalnya kuli bangunan yang bekerja mengangkat barang, tenaga kuda yang dimanfaatkan untuk menarik delman. Manusia dan binatang bisa menggerakkan organ tubuhnya untuk melaksanakan kegiatan sebab mempunyai energi otot.

2. Energi Kalor/Panas

Perpindahan panas dari satu benda ke benda lain terjadi apabila terdapat perbedaan suhu di antara kedua benda tersebut. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah. Perpindahan ini berlangsung terus-menerus sampai kedua benda mempunyai suhu yang sama. Misalnya ketika memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga menciptakan air sanggup mendidih. Energi listrik juga sanggup diubah menjadi energi kalor/panas. Misalnya pada setrika, kompor listrik dan alat penanak nasi.

3. Energi Listrik

Energi listrik merupakan energi yang paling banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik terjadi sebab adanya perpindahan muatan-muatan listrik. Misalnya listrik yang dipakai untuk peralatan rumah tangga (rice cooker, magic warmer, setrika, kipas angin, televisi, lemari es, kompor listrik) dan lampu penerangan. Semua peralatan tersebut memakai energi listrik.

4. Energi Cahaya

Ketika malam hari keadaan gelap gulita tanpa cahaya lampu. Tanpa cahaya kita tidak bisa melihat apapun. Kita bisa melihat sebab ada sumber cahaya atau benda yang memantulkan cahaya ke mata kita. Sumber energi cahaya berasal dari matahari dan lampu. Selain untuk penerangan, cahaya juga dibutuhkan oleh flora untuk proses memasak makanan.

5. Energi Bunyi

Energi bunyi yakni energi yang di hasilkan oleh getaran benda atau pertikel pertikel udara di sekitar sumber bunyi. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut menyebabkan getaran bunyi. Energi bunyi bisa menggetarkan gendang indera pendengaran sehingga bunyi bisa terdengar. Sedangakn benda yang sanggup menghasilkan bunyi di sebut sumber bunyi. Sumber energi bunyi bermacam-macam macam dan banyak sekali. Contoh trompet yang kita tiup maka keluarlah bunyi yang sanggup kita dengar dari trompet. Ini berarti sumber bunyi berasal dari trompet. Contoh yang lain yaitu bunyi bel listrik, bunyi orang berbicara, dan bunyi alat-alat musik. Bunyi juga mempunyai energi, buktinya bunyi halilintar bisa memekakkan telinga.

6. Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang dihasilkan melalui reaksi suatu zat. Contohnya yakni lampu senter yang dinyalakan. Lampu senter bisa menyala sebab ada sumber energi yaitu watu baterai. Batu baterai mempunyai energi kimia. Dalam kehidupan sehari-hari sumber energi kimia terdapat pada makanan, materi bakar minyak, kayu bakar, dan aki.

7. Energi Kinetik

Energi kinetik atau disebut juga energi gerak yaitu energi dalam gerakan atau energi yang bekerjasama dengan pergerakan suatu benda. Beberapa teladan energi kinetik contohnya air yang mengalir di sungai atau penderasan yang jatuh ke bawah, dan kendaraan yang bergerak. Contoh dari energi gerak yang lainnya yaitu bola yang menggelinding di lantai, seseorang yang berjalan atau berlari, baling-baling kipas angin yang bergerak dan masih banyak teladan lainnya. Intinya, segala sesuatu yang bergerak itu niscaya memanfaatkan energi gerak.

8. Energi Potensial

Energi potensial yaitu energi yang dimiliki suatu benda sebab posisi atau kedudukannya, artinya ketika benda tersebut membisu pada posisi tertentu. Semua benda yang berada di atas permukaan Bumi mempunyai energi potensial sebab adanya gravitasi Bumi. Sehingga bisa dikatakan semua benda mempunyai potensi bergerak yang belum tentu seberapa energi itu akan keluar atau seberapa besar gaya yang dihasilkan dari pergerakannya. Dalam kehidupan sehari-hari energi ini sering kita temukan, terutama dalam kegiatan yang bekerjasama dengan benda secara langsung. Adapun salah teladan energi potensial yakni pegas, katapel, busur dan anak panah. Contoh yang lain yaitu jatuhnya buah mangga dari pohonnya sebab mendapat energi potensial gravitasi.

9. Energi Nuklir


 kita biasanya melaksanakan banyak sekali kegiatan atau kegiatan Macam-macam Energi dan Penggunaannya dalam Kehidupan
Energi Nuklir yakni energi yang dihasilkan dari reaksi inti oleh materi radioaktif menyerupai uranium. Energi ini dihasilkan oleh inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menyatu. Pembelahan atau penyatuan inti atom akan menghasilkan energi yang sangat besar sebab terjadi perubahan pada inti atom. Contohnya yakni penggunaan bom nuklir. Meski efek dan ancaman yang ditimbulkan amat besar, pemanfaatan yang bijaksana, bertanggung jawab, dan terkendali atas energi nuklir sanggup meningkatkan taraf hidup sekaligus memperlihatkan solusi atas duduk perkara kelangkaan energi salah satunya sebagai sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Demikianlah pembahasan Macam-macam Energi dan Penggunaannya dalam Kehidupan yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar