Sabtu, 02 Juni 2018

Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 Sd

Bilangan Prima

Saya lupa kapan persisnya bilangan prima diajarkan saat saya masih sekolah dulu. Seingat saya, waktu itu guru saya menandakan cara mencari FPB dan KPK dengan pohon faktor. Jika bilangan yang dicari faktor primanya merupakan bilangan genap, maka harus dibagi 2. Dan kalau bilangan yang dicari faktor primanya merupakan bilangan ganjil maka harus dibagi 3 atau 5. Saya tidak tahu kalau 2, 3, dan 5 yakni bilangan prima. Namanya juga anak SD, biasalah kalau guru menerangkan, muridnya tidak memperhatikan salah satunya yakni saya hehehe. 

Meskipun saya menyukai Matematika, tapi saat guru menerangkan, seringkali saya tidak mood. Bagaimana mungkin murid merasa nyaman dengan guru killer yang pemarah. Setiap mengajar , matanya merah menyerupai darah. Kamipun takut dan serba salah. Ini selalu terjadi saat pelajaran Matematika berlangsung. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru menyerupai angin kemudian saja, masuk indera pendengaran kanan, keluar indera pendengaran kiri. Alhasil banyak murid merasa pusing dan gagal paham.

Sudah menjadi sifat anak yang selalu ingin tahu, istilah zaman kini yakni kepo. Begitu pulang sekolah, saya buka-buka lagi buku Matematika dan catatan dari guru. Saya pun berusaha memahami apa yang diterangkan oleh guru saya saat di sekolah. Alhamdulillah, balasannya saya paham dengan sendirinya. Dan memang benar, Matematika itu sangat gampang sebenarnya. Ternyata kunci keberhasilan dalam berguru yakni tenang.

Ok, itulah kisah masa kecil saya saat duduk di dingklik Sekolah Dasar. Kita lanjut ya pembahasan inti yaitu wacana bilangan prima. Yang jelas, bilangan prima kini mulai dipelajari saat siswa duduk di dingklik kelas 4 SD. Siswa juga diajarkan cara mencari Faktor prima, Faktorisasi prima, FPB, dan KPK.

Baca juga pembahasan wacana faktor prima, faktorisasi prima dan Cara paling gampang mencari FPB dan KPK

Pengertian bilangan prima

Bilangan prima yakni bilangan orisinil yang lebih besar dari satu dan hanya sanggup dibagi oleh dua bilangan berbeda yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Atau dengan kata lain, bilangan prima yakni bilangan yang tidak sanggup dibagi oleh bilangan manapun kecuali bilangan 1 dan bilangan itu sendiri.

Jika ada bilangan yang lebih besar dari 1 dan bukan merupakan bilangan prima, maka bilangan itu disebut bilangan komposit. Misalnya 4,6,8,9,10 dan seterusnya.

Jika ada yang bertanya, apakah ada rumus untuk mencari bilangan prima ? Saya sendiri juga tidak tahu, tapi tampaknya memang tidak ada rumus untuk mencari bilangan prima, sebab bilangan prima tidak mempunyai contoh khusus yang tersusun secara teratur. Kaprikornus kesimpulannya, bilangan prima tidak mempunyai rumus. Cara yang paling gampang untuk memilih bilangan prima yakni dengan melihat tabel.

Berikut ini tabel bilangan prima 1-100

 Saya lupa kapan persisnya bilangan prima diajarkan saat saya masih sekolah dulu Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 SD
Keterangan :
• 1 bukan bilangan prima, meskipun 1 tidak sanggup dibagi angka lain selain angka itu sendiri, namun angka 1 tidak termasuk bilangan prima. 1 disebut juga bilangan ganjil.
• 2 merupakan bilangan prima sebab hanya sanggup dibagi 1 dan 2 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan lain.
• 3 merupakan bilangan prima sebab hanya sanggup dibagi 1 dan 3 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan lain.
• 4 bukan bilangan prima, sebab masih sanggup dibagi oleh bilangan selain 1 dan 4 yaitu sanggup dibagi 2.
• 5 merupakan bilangan prima sebab hanya sanggup dibagi 1 dan 5 dan tidak sanggup dibagi oleh bilangan lain.
• 6 bukan bilangan prima, sebab masih sanggup dibagi oleh bilangan selain 1 dan 6 yaitu sanggup dibagi 2 dan 3.

Demikianlah pembahasan singkat wacana Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 SD yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar