Jumat, 17 Januari 2020

Soal Ujian Sekolah (Us) Bahasa Indonesia Kelas 6 Sd/Mi Tahun Fatwa 2017/2018

Berikut ini ialah pola latihan Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018. Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini sanggup membantu adik-adik yang akan menghadapi Ujian Sekolah.

Berikut ini ialah pola latihan Soal Ujian Sekolah  Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018

I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !

1. Sepeda Dita sudah usang. Ia ingin membeli sepeda gres dengan uangnya sendiri. Untuk mewujudkan keinginannya, Dita harus rajin menabung. Sepulang sekolah ia ikut membantu menjaga toko milik pamannya. Dari pekerjaannya ini, ia mendapat uang setiap bulannya. Di toko ia tidak ingin membuang waktunya dengan sia-sia. Pada ketika tidak ada pembeli, Dita membaca buku pelajaran dengan tekun.

Peribahasa yang sempurna untuk ilustrasi di atas ialah ....
a. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian
b. Air hening menghanyutkan
c. Air beriak tanda tak dalam
d. Sambil menyelam minum air

2. Makanlah roti selai madu
Semakin enak pakai mentega
Hormatilah ayah dan ibu
Hidupmu kelak kan bahagia

Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut ialah ....
a. Ketika makan roti jangan lupa ayah dan ibu
b. Orang yang selalu menghormati orang tua, hidupnya berlimpah harta
c. Orang bau tanah selalu mendoakan anaknya supaya hidup bahagia
d. Dengan menghormati ayah dan ibu, hidup kita kelak niscaya bahagia

3. Rasa manis kelapa serut
Kelapa serut panjang bentuknya
..........
..........
Isi pantun yang sempurna ialah ....
a. Ayo nona minum es kelapa
    Es kelapa enak rasanya
b. Nona manis tak boleh marah
    Kalau murka nanti lekas tua
c. Nona manis jangan cemberut
    Kalau cemberut hilang manisnya
d. Jika nona suka cemberut
    Nanti nona tak punya teman

4.
Berikut ini ialah pola latihan Soal Ujian Sekolah  Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018
Paragraf deskripsi yang sempurna untuk gambar tersebut ialah ....
a. Nama binatang tersebut ialah kucing. Kakinya ada empat. Dia punya cakar yang tajam. Tubuhnya penuh bulu. Makanannya ikan. Setiap saya panggil dengan sebutan pus, ia eksklusif menjawab meong.
b. Setiap hari saya memberi makan kucing. Dia paling suka makan ikan pindang dicampur nasi. Pernah saya memberinya ikan asin namun hanya diendus saja.
c. Tetanggaku beternak kucing. Jumlahnya ada lima ekor. Yang betina berwarna putih. Yang jantan berwarna hitam. Yang tiga berwarna abu-abu ialah anaknya. Kucing-kucing itu badannya gemuk dan lucu. Setiap hari diberi masakan khusus untuk kucing dan minumnya susu.
d. Adikku punya mainan berbentuk kucing. Mainan tersebut dibelikan ayah. Meskipun mainan, namun sangat ibarat dengan kucing asli. Setiap dipijat kakinya, kucing itu bisa menyanyi. Adikku senang sekali.

5. Bacalah kalimat-kalimat acak berikut ini !
1. Semut harus diberantas
2. Terutama masakan yang mengandung gula
3. Jika tidak diberantas sanggup mengganggu masakan kita
4. Caranya ialah dengan membuat bulat di sekitar masakan dengan kapur semut.

Urutan semoga menjadi paragraf yang baik ialah ....
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 1 – 3 – 4 – 2
c. 1 – 3 – 2 – 4
d. 3 – 1 – 2 – 4

6. Adikku mengikuti lomba mewarnai se-kecamatan. Saat perlombaan akan di mulai, adikku segera menyiapkan pensil-pensil yang sudah diraut sebelumnya. Tak berapa lama kemudian, diumumkan bahwa adikku mendapat juara 1.

Kesalahan penulisan kata terdapat pada kata ....
a. se-kecamatan
b. di mulai
c. pensil-pensil
d. diumumkan

7. Di kampungku ada sebuah pabrik kain yang beroperasi semenjak tahun 1980/an. Pak Herman, pendiri yang juga menjadi eksekutif pabrik, berencana menjual pabriknya kepada orang asing.

Perbaikan tanda baca yang sempurna untuk kata bergaris bawah ialah ....
a. koma (,)
b. pisah (-)
c. petik (“)
d. titik (.)

8. Bu Yayuk setiap hari berangkat ke Pasar Atum. Ia selalu berangkat pagi-pagi dengan mengendarai sepeda motor. Ia mempunyai satu kios di pasar. Di kios tersebut, Bu Yayuk bekerja menjadi tukang permak baju. Pernah ada seorang pelanggan yang sangat loyal, menawarkan barang-barang berharga ibarat kulkas dan mesin cuci. Pelanggan tersebut merasa cocok dan menganggap Bu Yayuk ibarat kakaknya sendiri.

Jenis paragraf tersebut menurut tujuannya ialah paragraf ....
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. persuasi

9. Hampir setiap hari ada saja barang yang hilang di kelas mulai dari pensil, buku, penghapus, hingga uang. Karena penasaran, saya masuk kelas dan bersembunyi di bawah kolong meja. Akhirnya saya tahu siapa pelakunya. Tidak kusangka, Evi yang bagus dan pendiam itu ternyata ....
a. angkat tangan
b. ringan tangan
c. panjang tangan
d. tangan kanan

10. Teman-teman yang saya cintai, kita sanggup mengambil manfaat dari kegiatan menjaga kebersihan di lingkunagn sekolah kita. Dengan menjaga kebersihan, akan tercipta keindahan dan kenyamanan. Selain itu, kita akan terhindar dari banyak sekali penyakit.
( .... )
Kalimat seruan sempurna untuk melengkapi pidato rumpang tersebut ialah ....
a. Marilah kita membuang sampah pada tempatnya.
b. Oleh alasannya ialah itu, marilah kita membuat keindahan lingkungan.
c. Marilah kita membuat kenyamanan kawasan timggal kita.
d. Oleh alasannya ialah itu, marilah kita bahu-membahu menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

11.    Bunglon ialah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik alasannya ialah sanggup mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini dipakai untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
       Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
      Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini alasannya ialah bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan ketika gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang ibarat kuning dan oranye.

Kalimat utama pada paragraf pertama ialah ....
a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik.
b. Bunglon biasanya tinggal di pepohonan.
c. Bunglon mempunyai kemampuan yang disebut dengan mimikri.
d. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya.

12. Simpulan yang sempurna dari bacaan di atas ialah ....
a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik dan biasanya tinggal di pepohonan.
b. Bunglon ialah binatang yang unik alasannya ialah mempunyai kemampuan sanggup mengubah warna kulitnya  untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
c. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap.
d. Bunglon sanggup mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya.

13. Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Diana selalu saja memaki Indah. Padahal Indah tidak pernah berbuat jelek pada Diana. Entah mengapa Diana begitu membenci Indah. Indah selalu tabah kalau Diana tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Diana terjatuh ketika pulang sekolah. Indah yang melihat bencana itu eksklusif menolongnya.
Teks 2
Amanda ialah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pintar di kelas, Amanda sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.

Persamaan isi kedua teks tersebut ialah ....
a. menolong orang walaupun ia suka mengejek
b. disukai banyak orang alasannya ialah suka menolong
c. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
d. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan

14. Bacalah paragraf berikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya semoga tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang sempurna ialah ....
a. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur seharusnya melaksanakan tindakan yang tegas pada   yang melanggar.
b. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapat eksekusi dari sekolah.
c. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sanggup mengakibatkan siswa lebih sehat.
d. Pembuatan kantin sehat di sekolah bekerjsama sangat merepotkan.

15. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Bu Ratna menawarkan instruksi untuk membawa kantong kresek, kawat kecil, benang, dan gunting.

Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut ialah ....
a. perintah
b. pelajaran
c. petunjuk
d. peraturan

16. Perhatikan teks berikut!
Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang menempel pada potongan dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar denah pada cangkang kerang.

Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah ....
a. Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
b. Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
c. Pembeli bisa ikut memilih pola model hiasan yang diinginkan.
d. Untuk menggambar denah pada cangkang dibutuhkan pola sebagai cetakan.

17. Cermati pidato berikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita belum bisa membaca, tetapi kini sudah bisa membaca. Dahulu kita belum bisa menulis, tetapi kini sudah bisa menulis. Dahulu kita belum mengerti berhitung, tetapi kini sudah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh alasannya ialah itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.

Isi teks pidato di atas ialah ....
a. mengingatkan kenangan masa lalu
b. mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
c. imbauan untuk berbakti kepada guru
d. imbauan untuk menaati segala perintah guru

18. Perhatikan teks berikut!
Esok paginya, kami berangkat dengan memakai sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang alasannya ialah bisa tiba di Pantai Depok dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Depok hingga tanpa terasa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda kemudian pulang dengan hati gembira.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
a. deskripsi
b. narasi
c. persuasi
d. eksposisi

19. Perhatikan iklan berikut !

Susu sapi murni
Enak, lezat, dan bergizi !
Segera dapatkan di ....

Kata yang sempurna untuk melengkapi iklan tersebut ialah ....
a. Kedai Susu Mbok Darmi
b. Toko Sembako Pak Dani
c. Toko material terdekat
d. Warung kopi lesehan

20. Perhatikan bacaan berikut!
Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut membuat kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.

Kalimat utama paragraf di atas ialah ....
a. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
b. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar.
c. Antena terhubung ke mata majemuk.
d. Hal tersebut membuat kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.

21. Perhatikan paragraf berikut!
Hari ini, 22 September ialah hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya menyelamatkan binatang langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi rino sumatra tak sebaik rino jawa.

Gagasan utama paragraf tersebut ialah ....
a. Tanggal 22 September ialah hari Badak Sedunia.
b. Peringatan hari Badak Sedunia.
c. WWF menyatakan kondisi rino sumatra buruk.
d. Hari Badak untuk melihat hasil evakuasi badak.

22. Perhatikan pantun berikut!
Buah blewah jangan dilempar
Nanti berkembang menjadi mangga
Anak sekolah rajin belajar
Kaprikornus juara orang bau tanah bangga

Pesan pantun di atas ialah ....
a. Anak yang rajin berguru bisa sukses dan membanggakan orang tua.
b. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.
c. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan membuat orang bau tanah bangga.
d. Anak yang rajin berguru disayang guru dan membanggakan orang tua.

23. Perhatikan kisah berikut !
Hujan kali ini sungguh lebat. Warga melamun dan berdoa di dalam rumah. Tiba-tiba, air sungai yang semula hening berkembang menjadi gemuruh. Air dari hulu sungai tiba begitu cepatnya. Menerjang apa saja di depannya. Peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi kisah tersebut ialah ....
a. banjir
b. banjir bandang
c. tsunami
d. banjir rob

Bacalah kutipan teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 24−29 !

Saat bangkit dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, katak hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut. “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang” kata Semut. “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?” tanya Katak. “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil masakan yang sudah kami kumpulkan” jawab Semut. Katak pun kemudian berkata “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.” Semut mengucapkan terima kasih. Ratusan Semut eksklusif naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian. “Tunggu sebentar, saya kegelian. Tolong turun semua.” (Katak kemudian mengambil selembar daun teratai). “Nah, kini naiklah ke daun ini. Nanti, saya akan mendorong kalian semua hingga ke seberang.” kata Katak Hijau.

24. Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?
a. Menggunakan punggungnya.
b. Menggunakan daun teratai.
c. Menggunakan jembatan.
d. Menggendong hingga seberang

25. Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?
a. Semut kesulitan mencari makanan.
b. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
c. Penduduk Semut terlalu padat.
d. Di tanah seberang lebih menjanjikan.

26. Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut ialah ....
a. cerdik
b. licik
c. bijaksana
d. pemaaf

27. Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut ialah ....
a. membantu orang yang kesusahan
b. membantu sahabat yang meminta pertolongan
c. menghadapi segala cobaan
d. pindah ke kawasan yang lebih baik

28. Latar kawasan pada teks tersebut ialah ....
a. lubang kecil
b. tepi telaga
c. tanah seberang
d. rumah

29. Tokoh utama dalam drama tersebut ialah ....
a. Semut
b. Katak
c. Rayap
d. Belalang

30. Perhatikan kisah berikut!
“Inilah wajah pencuri itu. Perhatikan baik-baik dan segera tangkap kemudian bawa ia ke sini !” Pencarian segera dilakukan. Tidak hingga satu hari, pencuri itu sudah tertangkap. Di hadapan Raja ia mengakui kesalahannya telah mencuri kalung milik Putri Mayang.
Nilai moral positif pada kisah di atas ialah ....
a. menjunjung tinggi kejujuran
b. patuh pada perintah
c. berani mengakui kesalahan
d. bertanggung jawab

31. Pulang dari Semarang, tante membawakanku [....]. Ungkapan yang sempurna untuk melengkapi
kalimat tersebut ialah ....
a. buah tangan
b. tangan kanan
c. panjang tangan
d. tangan dingin

32. Perhatikan kisah berikut!
“Cepat keluar semua dari kendaraan beroda empat atau Bapak Tua ini akan celaka!” hardik salah seorang dari mereka seraya menarik baju Pak Tohir. “Aduh... jantungku sakit!” Pak Tohir tiba-tiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru bau tanah itu berjalan sempoyongan keluar dari kendaraan beroda empat dan akibatnya jatuh tersungkur di depan kendaraan beroda empat kami. Kejadian itu menarik perhatian beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berdatangan, ketiga penjahat itu panik dan akibatnya melarikan diri. Setelah ketiga penjahat itu pergi, Ayah dibantu beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir. Mereka terkejut alasannya ialah Pak Tohir justru dengan sigap bangkit sendiri sambil membersihkan bajunya yang kotor. “Maaf tadi saya hanya berpura-pura,” katanya.

Simpulan kisah tersebut ialah ....
a. Pak Tohir hanya berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
b. Pak Tohir terkena serangan jantung ketika sedang dirampok.
c. Pak Tohir sembuh dari penyakit jantungnya sehabis penjahat pergi.
d. Pak Tohir ialah orang bau tanah yang mempunyai riwayat penyakit jantung.

33. Perhatikan syair berikut !
Jadilah orang yang mulia
Dikagumi alasannya ialah prestasinya
Dibanggakan alasannya ialah akhlaknya
Dicintai alasannya ialah kebaikannya

Maksud syair di atas ialah ....
a. Jika menjadi orang mulia, banyak orang yang mengidolakan.
b. Orang yang mulia dikagumi, dibanggakan, dan dicintai oleh semua orang.
c. Menjadi orang yang mulia tidak gampang untuk dilakukan.
d. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.

34. Bacalah paragraf berikut !
Kata ayahku, setiap hari Pak Somad berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah nenekku. Hanya untuk mengantarkan materi masakan ibarat beras, sayuran, dan lauk-pauk yang dibelinya dari pasar untuk dijual kembali kepada penduduk.
Tema bacaan di atas ialah ....
a. kekeluargaan
b. lingkungan
c. pendidikan
d. pekerjaan

35. Perhatikan paragraf berikut!
Pak Suryadi menyisihkan sebagian gajinya untuk keperluan buku dan alat tulis murid-muridnya. Bahkan ketika ayah dan beberapa orang murid lain ingin melanjutkan ke SMP, Pak Suryadi yang mengantarkan mereka dengan mengayuh bahtera sendiri ke kampung seberang alasannya ialah di Kampung Melayu belum ada Sekolah Menengah Pertama waktu itu.

Maksud kalimat bercetak miring ialah ....
a. Pak Suryadi selalu membelikan muridmuridnya buku-buku dan alat tulis.
b. Pak Suryadi meminta pinjaman buku dan alat tulis pada pemerintah.
c. Pak Suryadi membelikan buku dan alat tulis untuk muridnya dengan sebagian uang gajinya.
d. Pak Suryadi mengharuskan muridnya membeli buku dan alat tulis.

36. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Mengepel Lantai
(1) Peras kain pel hingga air sudah tidak menetes.
(2) Celupkan kain pel ke dalam cairan pembersih yang sudah tercampur air.
(3) Mulailah mengepel lantai secara merata.
(4) Campurkan cairan pembersih dengan air sesuai petunjuk pemakaian.
(5) Bersihan debu dari lantai dengan sapu atau pembersih debu.

Urutan petunjuk cara mengepel lantai yang benar ialah ....
a. (1)−(2)−(3)−(4)−(5)
b. (4)−(2)−(1)−(3)−(5)
c. (2)−(1)−(4)−(5)−(3)
d. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)

37. Perhatikan kalimat-kalimat berikut !
(1) Rino segera memapahnya ke rumah.
(2) Nando sedang bermain di rumah Rino
(3) Lututnya memar dan pergelangan kakinya terkilir.
(4) Ibu Rino segera memberi kan pertolongan pertama sebelum Nando dibawa ke puskesmas.
(5) Ketika sedang bermain bola, tiba-tiba Nando jatuh.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf dengan urutan ....
a. (2)−(5)−(3)−(1)−(4)
b. (2)−(3)−(5)−(1)−(4)
c. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
d. (2)−(3)−(4)−(5)−(1)

38. Perhatikan kalimat-kalimat berikut !
Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker
(1) Masukkan ke dalam rice cooker.
(2) Tekan tombolnya dan tunggu hingga matang.
(3) Cuci beras hingga higienis kemudian beri air secukupnya.
(4) Takar beras secukupnya.
(5) Colokkan kabel rice cooker ke sumber listrik.

Urutan petunjuk cara membuat nasi dengan rice cooker yang benar ialah ....
a. (4)−(3)−(5)−(1)−(2)
b. (4)−(1)−(3)−(5)−(2)
c. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
d. (4)−(1)−(5)−(3)−(2)

39. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Ia merayakan ulang tahun di panti asuhan itu dengan membagikan bingkisan pada bawah umur di panti asuhan.
(2) Tanggal 10 Juni ialah ulang tahun Jundi.
(3) Jundi sangat senang bisa membantu orang lain di hari bahagianya.
(4) Ia ingin merayakannya dengan cara yang tidak biasa.
(5) Saat hari ulang tahunnya tiba, ia mengunjungi panti asuhan di kotanya.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik dengan urutan ....
a. (2)−(4)−(1)−(5)−(3)
b. (2)−(5)−(1)−(3)−(4)
c. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
d. (2)−(5)−(1)−(4)−(3)

40. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Aduk hingga tercampur rata.
(2) Masukan kelapa muda dan airnya ke dalam gelas saji.
(3) Es kelapa muda siap dinikmati.
(4) Tambahkan gula jawa dan es batu.
(5) Siapkan kelapa muda, air kelapa muda, gula jawa, dan es batu.

Urutan petunjuk yang sempurna cara membuat es kelapa muda ialah ....
a. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
b. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
c. (5)−(4)−(1)−(2)−(3)
d. (5)−(2)−(1)−(4)−(3)

41. Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat ....
a. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
b. Savina berfikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
c. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negri.
d. Savina berfikir untuk melanjutkan kuliah di luar negri.

42. Perhatikan teks berikut!
Pukul 05.00 kami hingga di Asrama Pondok Gede. Kami segera mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri alasannya ialah bus akan berangkat pukul 07.00 tepat. [....] Walaupun masih mengantuk alasannya ialah perjalanan jauh, kami tetap semangat dan penasaran.

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah ....
a. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
b. Kemudian kami sarapan di hotel dan segera naik bus.
c. Tak lama kemudian, akibatnya hingga di kawasan tujuan.
d. Karena perjalanan sangat jauh, kami tidur dahulu di bus.

43. Perhatikan pidato berikut!
Seringkali kita melihat murid-murid membuang sampah sembarangan. Sebagai warga sekolah tentu kita tidak ingin melihat sampah acak-acakan di mana-mana. [....]

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pidato tersebut ialah ....
a. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
b. Sampah tersebut sanggup mengakibatkan wabah penyakit di lingkungan masyarakat.
c. Marilah kita menyuruh murid-murid membuang sampah pada tempatnya.
d. Sampah tersebut harus segera dibersihkan oleh tukang kebun.

44. Perhatikan acara menelepon dengan handphone berikut !
(1) Tekan nomor yang ingin anda telepon!
(2) Tekan tombol hijau untuk menelepon!
(3) Bicaralah seperlunya!
(4) ....

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi potongan rumpang tersebut ialah ....
a. Cek apakah yang anda telepon sudah selesai!
b. Segera lakukan isi ulang kalau pulsa habis!
c. Tutup telepon dengan menekan tombol merah!
d. Matikan telepon sehabis berbicara!

45. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten sumedang Jawa Barat.
Perbaikan ejaan yang sempurna pada kalimat di atas ialah ....
a. Pada rabu malam, terjadi Banjir Bandang di kabupaten Sumedang Jawa Barat.
b. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Semedang Jawa Barat.
c. Pada Rabu malam, terjadi Banjir Bandang di Kabupaten SumedangJawa Barat.
d. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Sumedang Jawa Barat.

46. Amel berbelanja: buncis, sawi, wortel dan kol di pasar.
Perbaikan tanda baca yang sempurna pada kalimat di atas ialah ....
a. Amel berbelanja: buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
b. Amel berbelanja, buncis, sawi, wortel dan kol di pasar.
c. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel dan kol, di pasar.
d. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.

47. Perhatikan teks berikut!
Tanpa sengaja, Novi memecahkan gelas yang akan dipakai untuk percobaan (1) pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu Maya hanya menasehati (2) dengan bunyi yang lembut. Novi yang awalnya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3) lagi. Ia berjanji untuk berhati-hati (4).
Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

48. Perhatikan kalimat berikut!
Ibu Rena menjelaskan: “Contoh sampah organik contohnya kertas bekas, karton bekas, kain bekas, dan daun pembungkus makanan.”

Tanda baca yang tidak sempurna penggunaannya ialah ....
a. tanda titik dua (:) sehabis kata menjelaskan
b. tanda petik ganda (“...”)
c. tanda koma (,) sehabis kata bekas
d. tanda titik (.) sehabis kata makanan

49. Perhatikan kalimat berikut!
Pelajari bentuk dan gaya yang dipakai oleh penyair-penyair populer supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang dipakai dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
a. tanda koma (,) sehabis kata gaya
b. tanda koma (,) sehabis kata terkenal
c. tanda koma (,) sehabis kata mengenal
d. tanda koma (,) sehabis kata sajak

50. Sejak dari kemarin Ranti hanya membisu saja. Ia seharusnya berangkat sekolah hari ini. Akan tetapi, ia tidak mau berangkat. Kata Yogi, Ranti punya problem dengan gurunya. Ia takut berangkat sekolah.
Perbaikan yang sempurna untuk kalimat pertama dalam paragraf tersebut ialah ....
a. Sejak kemarin Ranti hanya membisu saja.
b. Sejak hari kemarin Ranti hanya membisu saja.
c. Sejak kemarin Ranti hanya belakang layar saja.
d. Sejak waktu kemarin Ranti hanya membisu saja.

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ↓

Download Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018

Kunci Jawaban

1. d. Sambil menyelam minum air
2. d. Dengan menghormati ayah dan ibu, hidup kita kelak niscaya bahagia
3. c. Nona manis jangan cemberut
4. a. Nama binatang tersebut ialah kucing. Kakinya ada empat. Dia punya cakar yang tajam. Tubuhnya penuh bulu. Makanannya ikan. Setiap saya panggil dengan sebutan pus, ia eksklusif menjawab meong.
5. c. 1 – 3 – 2 – 4
6. b. di mulai
7. b. pisah (-)
8. a. narasi
9. c. panjang tangan
10. d. Oleh alasannya ialah itu, marilah kita bahu-membahu menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.
11. a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik.
12. b. Bunglon ialah binatang yang unik alasannya ialah mempunyai kemampuan sanggup mengubah warna kulitnya  untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
13. d. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
14. c. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sanggup mengakibatkan siswa lebih sehat.
15. a. perintah
16. d. Untuk menggambar denah pada cangkang dibutuhkan pola sebagai cetakan.
17.c. imbauan untuk berbakti kepada guru
18. b. narasi
19. a. Kedai Susu Mbok Darmi
20. a. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
21. b. Peringatan hari Badak Sedunia.
22. c. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan membuat orang bau tanah bangga.
23. b. banjir bandang
24. b. Menggunakan daun teratai.
25. b. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
26. c. bijaksana
27. a. membantu orang yang kesusahan
28. b. tepi telaga
29. b. Katak
30. c. berani mengakui kesalahan
31. a. buah tangan
32. a. Pak Tohir hanya berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
33. d. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
34. d. pekerjaan
35. c. Pak Suryadi membelikan buku dan alat tulis untuk muridnya dengan sebagian uang gajinya.
36. d. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
37. c. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
38. c. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
39. c. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
40. b. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
41. a. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
42. a. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
43. a. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
44. c. Tutup telepon dengan menekan tombol merah!
45. b. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Semedang Jawa Barat.
46. d. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
47. b. (2)
48. a. tanda titik dua (:) sehabis kata menjelaskan
49. d. tanda koma (,) sehabis kata sajak
50. a. Sejak kemarin Ranti hanya membisu saja.
Warning : Harap tidak mengcopy paste dan mempublish ulang Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang ada di blog juraganles.com. Jadilah blogger kreatif dengan tidak melaksanakan copy paste dan mempublish ulang ! Terima kasih
Demikianlah Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang disusun oleh admin juraganles.com. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar