Minggu, 11 Maret 2018

Cara Paling Gampang Dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua

Hallo pembaca sekalian...kembali saya ingin membuatkan cara paling simpel dan cepat mencari akar pangkat dua. Mengapa saya berani mengklaim cara yang saya bagikan ini yaitu cara yang paling mudah? Karena ini merupakan pengalaman saya dikala mengajarkan cara menghitung, mencari, mengerjakan soal-soal yang berafiliasi dengan akar pangkat dua dan terbukti bawah umur eksklusif sanggup memahaminya.

Tidak menyerupai dikala mengerjakan soal-soal bahan ihwal debit air, jarak peta, kecepatan, luas, keliling, dan volume suatu bangkit datar atau bangkit ruang yang memerlukan rumus. Mencari akar pangkat dua tidaklah serumit yang dibayangkan.

Intinya, cara mencari akar pangkat dua itu sama persis dengan cara mencari akar pangkat tiga. Dijamin simpel dah, anti ribet, anti ruwet. Anak kelas 2 SD saja eksklusif paham dikala memperhatikan saya menunjukan bahan ini kepada murid kelas 4.



Mencari akar pangkat dua bersahabat kaitannya dengan luas bangkit datar yaitu persegi. Karena luas persegi sama dengan hasil pangkat dua panjang sisinya. Maka untuk mencari panjang sisi persegi, tidak ada cara lain selain dengan mencari akar pangkat dua dari luas persegi.

Cara Mencari Akar Pangkat Dua

Untuk mencari akar pangkat dua dari suatu bilangan itu sangat mudah. Kita tidak perlu lagi memakai kalkulator dan dijamin alhasil akurat namun bukan berarti tanpa syarat sebab syaratnya yaitu harus hafal bilangan pangkat dua dasar dan bilangan kuadrat.

Bilangan pangkat dua yaitu bilangan yang dikalikan dengan bilangan itu sendiri berturut-turut sebanyak 2 kali. Sedangkan bilangan kuadrat yaitu hasil bilangan yang dipangkatkan dua.

Sedangkan akar pangkat dua dari suatu bilangan merupakan operasi kebalikan dari bilangan pangkat dua. Akar pangkat dua suatu bilangan dilambangkan dengan √...

Untuk lebih jelasnya simak gambar tabel bilangan pangkat dua dasar, bilangan kuadrat, akar pangkat dua dan hasil akar pangkat dua menyerupai di bawah ini ...

kembali saya ingin membuatkan cara paling simpel dan cepat mencari akar pangkat dua Cara Paling Praktis dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua

Jika dijabarkan lebih terperinci, maka bilangan pangkat dua dan bilangan kuadrat dasar menyerupai di bawah ini :

1=1 x 1 = 1
2=2 x 2 = 4
3=3 x 3 = 9
4=4 x 4 = 16
5=5 x 5 = 25
6=6 x 6 = 36
7=7 x 7 = 49
8=8 x 8 = 64
9=9 x 9 = 81
10=10 x 10 = 100

Bilangan yang di sanggup dari hasil perkalian berulang sebanyak dua kali disebut bilangan kuadrat. Dan apabila bilangan kuadrat itu di akarkan dengan akar pangkat dua maka alhasil yaitu bilangan yang digunakan pada perkalian berulang tadi. Contoh akar pangkat dua dari 64 yaitu 8.

Dan inilah yang harus dihafal
1= 1
2= 4
3= 9
4= 16
5= 25
6= 36
7= 49
8= 64
9= 81
10= 100

Mencari Akar Pangkat Dua pada Bilangan Besar

Bilangan kuadrat yaitu bilangan yang sudah baku. Angka paling belakang niscaya 1, 4, 5, 6, 9 atau 0. Sekarang kita akan mencari akar pangkat dua bila bilangan kuadratnya lebih dari 100. Adakah cara simpel untuk mencarinya? Jawabnya, terang ada dan sangat simpel sebab kita tidak harus menghitung. Kita hanya melihat angka satuan dari bilangan pangkat dua dan angka satuan bilangan kuadrat serta pasangannya.

Karena cara mencari akar pangkat dua ini memakai trik khusus, maka kita pisahkan angka satuan dan pasangannya menjadi dua yaitu angka kecil dan angka besar. Angka kecil yaitu angka satuan dan pasangannya yang kurang dari 5. Sedangkan angka besar yaitu angka satuan dan pasangannya yang lebih dari 5

Angka kecil
Angka satuan 1 pasangannya yaitu 1
Angka satuan 2 pasangannya yaitu 4
Angka satuan 3 pasangannya yaitu 9
Angka satuan 4 pasangannya yaitu 6
Angka satuan 5 pasangannya yaitu 5

Angka besar
Angka satuan 6 pasangannya yaitu 6
Angka satuan 7 pasangannya yaitu 9
Angka satuan 8 pasangannya yaitu 4
Angka satuan 9 pasangannya yaitu 1
Angka satuan 0 pasangannya yaitu 0

Setelah mengetahui angka satuan dan pasangannya, kita sanggup melihat ada angka pasangan yang sama yaitu 1, 4, 6, dan 9 dari angka kecil dan angka besar.

Nah, untuk mencari akar pangkat dua dari bilangan kuadrat di atas 100, kita gunakan trik jitu yaitu dengan memasang-masangkan bilangan pangkat dua dan satuan bilangan kuadrat. Dan langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
• Pisahkan 2 angka dari belakang/ kanan.
• Cari bilangan pangkat 2 yang bilangan kuadratnya kurang atau sama dengan bilangan di depannya/kirinya.
• Abaikan 2 angka yang dipisahkan tadi. Lihat satuan bilangan kuadrat (angka paling belakang) kemudian cari pasangannya.

Catatan penting
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada bilangan kuadrat, angka paling belakang niscaya 1, 4, 5, 6, 9 atau 0. Angka paling belakang ini yang harus diperhatikan juga kemudian cari pasangannya.

Pada bilangan kuadrat,
Jika angka belakang 1 berarti pasangannya sanggup 1, sanggup 9
Jika angka belakang 4 berarti pasangannya sanggup 2, sanggup 8
Jika angka belakang 5 berarti pasangannya 5
Jika angka belakang 6 berarti pasangannya sanggup 4, sanggup 6
Jika angka belakang 9 berarti pasangannya sanggup 3, sanggup 7
Jika angka belakang 0 berarti pasangannya 0

Nah, untuk menentukan pasangan yang sempurna untuk angka belakang, maka kita harus memperhatikan hasil pengurangan bilangan depan.

Jika sisa pengurangan lebih kecil dari hasil akar pangkat dua maka gunakan angka satuan dan pasangannya (angka kecil). Namun bila sisa pengurangan lebih besar atau sama dari hasil akar pangkat dua maka gunakan angka satuan dan pasangannya (angka besar).

Contoh Soal 
Disini saya ambil pola angka kuadrat yang mempunyai angka belakang (satuan) yang sama.
a. Tentukan √1936

kembali saya ingin membuatkan cara paling simpel dan cepat mencari akar pangkat dua Cara Paling Praktis dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua

Makara √1936 = 44

b. Tentukan √4356

kembali saya ingin membuatkan cara paling simpel dan cepat mencari akar pangkat dua Cara Paling Praktis dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua


Makara √4356 = 66

c. Tentukan √6561

kembali saya ingin membuatkan cara paling simpel dan cepat mencari akar pangkat dua Cara Paling Praktis dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua


Makara √6561 = 81

d. Tentukan √9801

kembali saya ingin membuatkan cara paling simpel dan cepat mencari akar pangkat dua Cara Paling Praktis dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua

Makara √9801 = 99



Bagaimana? Masih belum jelaskah? Kalau dirasa masih belum terang berarti kita harus kembali ke cara usang yang biasanya diajarkan di sekolah yaitu dengan pembagian yang menyerupai dengan porogapit. Pada cara ini, kita harus memprediksi dan mencari angka kembar untuk perkalian yang alhasil harus sama persis dengan hasil pengurangan.

kembali saya ingin membuatkan cara paling simpel dan cepat mencari akar pangkat dua Cara Paling Praktis dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua

Sebenarnya ada juga cara mencari akar pangkat dua yaitu dengan pohon faktor. Namun berdasarkan saya, mencari akar pangkat dua dengan pohon faktor kurang efektif sebab terlalu usang dan percayalah, niscaya bikin tangan kalian kriting bila yang dicari yaitu bilangan kuadrat ribuan. Pohon faktor itu cocoknya ya untuk mencari FPB dan KPK.

Tapi semua tergantung kalian juga sih, mana yang berdasarkan kalian paling mudah. Dan apa yang sudah saya share di sini yaitu Cara Paling Praktis dan Cepat Mencari Akar Pangkat Dua menurut saya. Kalau ada yang tidak oke atau masih bingung. Silahkan berkomentar atau layangkan email ke kontak yang sudah disediakan. InsyaAllah akan saya balas secepatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar