Senin, 26 Maret 2018

Perkembangbiakan Binatang Secara Generatif Dan Vegetatif

Terdapat banyak sekali jenis binatang yang ada di dunia ini. Salah satu ciri dari makhluk hidup ialah berkembang biak. Tujuan binatang berkembang biak ialah untuk melestarikan jenisnya semoga tidak punah. Sama dengan perkembangbiakan tumbuhan, perkembangbiakan binatang juga dibedakan menjadi dua yaitu perkembangbiakan secara generatif dan vegetatif.

Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif

Perkembangbiakan binatang secara generatif ialah perkembangbiakan binatang secara kawin yang diawali dengan pembuahan. Cara kawin dilakukan oleh binatang dengan meleburkan sel kelamin jantan (spermatozoid) dan sel kelamin betina (sel telur). Hasil pembuahan ini disebut zigot. Zigot tumbuh menjadi embrio (janin). Embrio inilah yang kelak menjadi individu baru.

Setiap binatang memang mempunyai cara yang berbeda-beda ketika berkembang biak. Berdasarkan cara berkembang biak secara kawin atau generatif, maka binatang ini dibedakan menjadi 3 jenis yaitu Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar.

1. Hewan Ovipar

Terdapat banyak sekali jenis binatang yang ada di dunia ini Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif dan Vegetatif

Ovipar ialah binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur. Setelah pembuahan, maka terbentuklah embrio binatang yang tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Setelah telur dikeluarkan oleh induknya, embrio ini akan menjadi individu gres dikala terjadi proses pengeraman oleh induknya. Calon anak ini mendapat nutrisi dan cadangan masakan yang berasal dari dalam telur. Pembuahan nya sendiri sanggup terjadi di dalam badan (internal) atau sanggup juga di luar badan (eksternal).

Ovipar ini sanggup dibedakan menjadi dua jenis menurut proses pembuahannya yaitu:
Hewan ovipar atau bertelur yang proses pembuahannya terjadi di dalam badan induk betina. Contohnya ialah jenis unggas.
Hewan ovipar atau bertelur yang proses pembuahannya terjadi di luar badan induk betina. Contohnya ialah jenis amfibi dan ikan.

Ciri-ciri Hewan Ovipar
Kita sanggup mengetahui binatang yang termasuk ke dalam golongan yang berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar. Dan berikut ini ialah ciri-ciri binatang ovipar yaitu :
Tidak mempunyai daun telinga
Tidak mempunyai kelenjar susu
Umumnya bangsa unggas dan reptil

2. Hewan Vivipar

Terdapat banyak sekali jenis binatang yang ada di dunia ini Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif dan Vegetatif

Vivipar ialah binatang yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan ialah binatang mamalia atau menyusui. Hewan yang melahirkan bersama-sama juga menghasilkan telur namun tidak dibungkus oleh cangkang dan juga tidak dikeluarkan dari badan binatang betina. Telur yang sudah dihasilkan tadi selanjutnya akan dibuahi oleh sperma didalam rahim dikala terjadi perkawinan.

Setelah pembuahan, maka terbentuklah embrio binatang yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim dengan memanfaatkan nutrisi dari induknya. Nutrisi yang diperoleh pribadi dari induknya ini disalurkan melalui plasenta. Calon bayi akan mengalami pertumbuhan di dalam rahim sampai sempurna. Setelah organ badan dari jabang bayi sempurna, maka bayi tersebut siap untuk dilahirkan.

Ciri-ciri Hewan Vivipar
Kita sanggup mengetahui binatang yang termasuk ke dalam golongan yang berkembang biak dengan cara beranak atau vivipar. Dan berikut ini ialah ciri-ciri binatang vivipar yaitu :
Memiliki daun telinga
Memiliki puting susu dan kelenjar susu
Golongan binatang mamalia
Tubuh ditutupi bulu
Janin tumbuh didalam rahim
Individu gres dilahirkan oleh induknya

Contoh binatang vivipar
Hewan vivipar ada yang hidup di darat dan di air. Contoh binatang vivipar yang hidup di darat yaitu kucing, gajah, singa, harimau, kuda, anjing, kelinci, dan lain-lain. Sedangkan binatang vivipar yang hidup di air yaitu ikan lumba-lumba, paus, dan pesut.

3. Hewan Ovovivipar

Terdapat banyak sekali jenis binatang yang ada di dunia ini Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif dan Vegetatif

Ovovivipar ialah binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Setelah terjadi proses pembuahan maka terbentuklah embrio binatang yang berkembang di dalam telur. Untuk mendapat nutrisi, embrio binatang ovovivipar tidak mendapatkannya pribadi dari badan induknya, melainkan dari nutrisi yang tersedia dalam telur.  Setelah pertumbuhannya tepat maka telur itu pun menetas. Setelah telur menetas, barulah bayi binatang tersebut keluar dari badan induknya.

Ciri-ciri Hewan Ovovivipar
Kita sanggup mengetahui binatang yang termasuk ke dalam golongan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak atau ovovivipar. Dan berikut ini ialah ciri-ciri binatang ovovivipar yaitu :
Pembuahan terjadi di dalam badan induk
• Setelah terjadi pembuahan, maka terbentuk telur
Zigot tumbuh menjadi embrio yang berada dalam telur
Cadangan masakan berasal dari dalam telur dan bukan dari induknya
• Setelah pertumbuhan embrio sempurna, telur menetas dan anak binatang keluar dari dalam badan induk

Contoh Hewan Ovovivipar
Contoh binatang ovovivipar yaitu bunglon, kadal, salamander, anaconda, ikan hiu, ikan pari, kuda laut, ular boa.

Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan binatang secara vegetatif ialah perkembangbiakan binatang secara tidak kawin. Umumnya binatang yang berkembang biak secara vegetatif ialah binatang tingkatan rendah yang tidak mempunyai struktur badan yang tepat dibanding binatang tingkat tinggi yang mempunyai struktur badan yang sempurna.

Berikut ini ialah jenis-jenis perkebangbiakan binatang dengan cara vegetatif beserta contohnya.

Membelah Diri

Membelah diri merupakan salah satu cara perkembangbiakan binatang tanpa melalu proses perkawinan. Hewan yang berkembang biak dengan cara membelah diri, belahan tubuhnya akan terbelah menjadi dua dan menjadi dua individu yang berbeda. Pembelahan pertama kali terjadi pada inti sel, kemudian belahan badan lain ikut membelah. Pembelahan ini menghasilkan dua sel kembar. Tiap sel hasil pembelahan tersebut menjadi individu gres yang sanggup tumbuh dan berkembang biak.

Hewan yang berkembang biak dengan membelah diri ialah binatang bersel satu. Hewan ini sangat kecil dan hanya sanggup dilihat dengan mikroskop.

Contoh binatang yang berkembang biak dengan cara membelah diri ialah Protozoa. Hewan ini hidup di daerah yang berair/lembab/basah. Hewan yang termasuk Protozoa ialah Amoeba dan Paramecium.

Bertunas

Bertunas merupakan cara perkembangbiakan binatang tanpa melalui proses perkawinan. Hewan yang berkembang biak dengan bertunas mempunyai tunas kecil yang tumbuh di belahan badan binatang tingkatan rendah yang sudah dewasa. Tunas tersebut kemudian akan mulai mencari makanannya sendiri dan lama-kelamaan akan terlepas dari induknya dan menjadi individu yang baru.

Contoh binatang yang berkembang biak dengan cara bertunas ialah anemon bahari dan Hydra.

Fragmentasi

Fragmentasi ialah perkembangbiakan dengan cara pemisahan belahan tubuh. Bagian badan yang terpisah tersebut akan menghasilkan individu baru.

Contoh binatang yang berkembang biak dengan cara pemisahan belahan badan ialah bintang bahari dan cacing planaria. Bila bintang bahari terbelah menjadi dua bagian, maka tiap belahan tubuhnya itu sanggup tumbuh menjadi individu baru. Cacing planaria mempunyai badan yang pipih. Bila tubuhnya terpotong justru akan muncul individu gres dari belahan badan yang terpotong tadi.

Demikianlah pembahasan perihal Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif dan Vegetatif. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar