Sabtu, 24 Maret 2018

Mengenal Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya

Di alam ini terdapat beraneka macam tumbuhan. Pernahkah kalian mengamati flora tertentu? Jika iya niscaya anda akan bertanya-tanya dalam hati mengapa flora ini bisa menyerupai ini ya dan apa tujuannya. Tahukah kalian, tolong-menolong setiap flora itu mempunyai ciri-ciri khusus untuk mempertahankan hidupnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bersama-sama mengenal ciri-ciri khusus flora dan fungsinya untuk menambah pengetahuan kita.

Ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Jenis flora di dunia ini sangatlah beragam. Tercatat sekitar 375.000 spesies flora yang telah diidentifikasi. Seperti yang kita ketahui, ciri umum flora ialah mempunyai klorofil atau zat hijau daun. Disamping itu, setiap spesies flora tolong-menolong mempunyai ciri khusus dan fungsi yang berbeda-beda tergantung kondisi lingkungan flora tersebut tumbuh. Ciri khusus pada flora fungsinya untuk memenuhi kebutuhan sekaligus untuk beradaptasi dengan lingkungannya biar flora tersebut sanggup bertahan hidup. Berikut ini beberapa pola flora yang mempunyai ciri-ciri khusus.

1. Ciri Khusus Teratai 


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Teratai ialah flora yang hidup di air. Ciri khusus teratai yaitu mempunyai daun yang lebar dan tipis, batang dan akarnya berongga-rongga.  Bentuk daun yang lebar dan tipis dipakai untuk memperbesar dan mempercepat proses penguapan air. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan biar teratai tidak busuk meskipun hidup di air. Daun teratai yang tipis fungsinya biar tetap terapung di atas air.

Batang dan akarnya berongga-rongga berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar sehingga teratai tetap sanggup bernapas meskipun batang, daun, dan akarnya selalu terendam air. Bagian teratai yang selalu di atas permukaan air ialah daun dan bunga. Akar teratai terbenam dengan besar lengan berkuasa di dalam lumpur di dasar air gunanya untuk menahan teratai dari hempasan arus air.

2. Ciri Khusus Kaktus 


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Kaktus termasuk flora sukulen. Sukulen ialah flora yang tumbuh di tempat kering. Untuk sanggup bertahan hidup di tempat yang kering, kaktus mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai daun berbentuk duri. Duri ini berfungsi untuk mengurangi proses penguapan dari dalam tubuhnya dan sebagai alat dukungan diri dari pemangsa. Kaktus menyimpan cadangan kuliner pada batang yang berlapis lilin.

Akar kaktus umumnya panjang. Akar menyerupai ini memungkinkan kaktus mencari air sebanyak mungkin kemudian diangkut ke batang untuk disimpan. Fungsi daun digantikan oleh batang yang agak besar dan menggembung. Kaktus mempunyai batang berwarna hijau sehingga sanggup melaksanakan fotosintesis. Kaktus mengambil karbon dioksida pada malam hari. Karbon dioksida disimpan di dalam vakuola dan akan dipakai ketika melaksanakan fotosintesis pada siang hari.

Kaktus juga mempunyai bunga yang cukup indah. Bunga kaktus akan mekar di malam hari, namun bunganya tidak akan bertahan lama. Setelah bunga mekar di malam hari, di pagi harinya sudah kembali layu.

3. Ciri Khusus Mawar


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Tumbuhan mawar mempunyai bunga yang sangat indah, berwarna cerah dan baunya harum. Ciri khusus flora mawar ialah batangnya mempunyai duri tajam yang berfungsi untuk melindungi diri dari banyak sekali serangan musuh. Sedangkan bunganya yang indah berfungsi untuk menarik perhatian serangga untuk membantu dalam proses penyerbukan.

4. Ciri Khusus Putri Malu


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Putri aib mempunyai ciri khusus yaitu daunnya sanggup mengatup ketika disentuh. Dahannya halus, bercabang dan berduri tajam. Duri tersebut dipakai untuk melindungi diri dari binatang herbivora yang ingin memakannya. Warna daun bab bawah flora putri aib berwarna lebih pucat. Hal ini bertujuan biar binatang yang tadinya ingin memakannya akan berpikir bahwa flora tersebut telah layu sehingga tidak berminat lagi untuk memakannya.

Tumbuhan putri aib juga mempunyai keunikan yaitu apabila batangnya dipotong, umbinya akan tumbuh akar dan menjadi calon tumbuhan baru. Selain itu, putri aib juga mempunyai bunga berwarna merah muda yang tidak mengecewakan indah.

5. Ciri Khusus Anggrek


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Anggrek dikenal sebagai flora epifit yaitu flora yang hidupnya menumpang pada flora lain untuk mendapat sinar matahari tetapi tidak merugikan tumbuhan yang ditumpanginya. Anggrek tidak menyerap air dan zat kuliner dari flora yang ditumpanginya. Anggrek mempunyai akar yang menggantung untuk bernapas. Cara hidup anggrek inilah yang menjadi ciri khususnya. 

6. Ciri Khusus Bunga Matahari


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Bunga matahari ialah bunga yang mempunyai ukuran besar dan berwarna kuning. Bunga matahari ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kita semua. Salah satu manfaat yang sanggup diambil dari bunga matahari ialah bijinya yang bisa diolah menjadi kuliner ringan atau camilan. Ciri khusus yang dimiliki oleh bunga matahari ialah bunganya selalu mengikuti ke mana arah matahari.

7. Ciri Khusus Venus Flytrap


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Tumbuhan venus flytrap merupakan flora insektivora atau pemakan serangga. Tumbuhan ini akan memakan hewan-hewan yang kecil, menyerupai serangga dan laba-laba. Tumbuhan venus ini juga bisa menciptakan makanannya sendiri dengan melaksanakan fotosintesis.

Tumbuhan ini mempunyai ciri khusus, yaitu daunnya berbentuk dua lempengan menyerupai engsel dan berbulu. Daun ini akan terbuka untuk menunggu mangsanya. Saat serangga menyentuh bulu-bulu peka pada daun, maka seketika daun akan menutup dan serangga yang terperangkap didalamnya akan dicerna dan diserap sebagai nitrogen.

8. Ciri Khusus Rafflesia Arnoldi


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

 Rafflesia disebut bunga raksasa alasannya ialah ukurannya yang besar. Tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles di hutan hujan Indonesia pada tahun 1818. Ciri khusus bunga rafflesia ialah mempunyai amis yang busuk. Rafflesia termasuk flora pemakan serangga.

Fungsi dari amis busuk yang dikeluarkan tersebut ialah untuk memikat serangga khususnya lalat biar datang. Dengan demikian, lalat yang masuk bunga rafflesia akan menjadi makanannya. Selain mempunyai amis busuk, rafflesia juga memantulkan cahaya. Pantulan cahaya ini sanggup mengundang serangga untuk mendatanginya.

9. Ciri Khusus Kantong Semar


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Kantong semar termasuk flora pemakan serangga. Tumbuhan ini mempunyai daun yang berbentuk menyerupai guci. Permukaan bab dalam daun mengandung nektar yang berfungsi untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menghancurkan serangga sehingga nitrogennya sanggup diserap.

10. Ciri Khusus Pohon Jati 


Di alam ini terdapat beraneka macam flora Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Batang kayu jati dikenal dengan nama tectona Grandis. Ciri umum kayu jati yaitu mempunyai batang yang kuat. Kayu jati banyak dimanfaatkan untuk materi perabot rumah tangga. Umumnya pohon jati tumbuh pada ketinggian 1 hingga 1800 m dari permukaan laut. Tanpa harus menentukan tanah yang subur, jati bisa hidup dan berkembang pada tanah yang gersang.

Ciri khusus dari pohon jati yaitu menggugurkan daunnya pada demam isu kemarau. Kemampuan menggugurkan daunnya sendiri atau meranggas ini fungsinya untuk mengurangi penguapan sehingga persediaan air di dalam batang pohon jati mencukupi walaupun di ketika tanah sangat kering sekalipun.

Itulah pembahasan kita kali ini. Dengan Mengenal Ciri-ciri Khuuhan dan Fungsinya, semoga saja bisa menambah wawasan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar