Sabtu, 31 Maret 2018

Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora Dan Contohnya

Penggolongan binatang menurut jenis makanannya tidak terlepas dari proses memakan dan dimakan atau yang lazim disebut rantai makanan. Tujuan dari proses memakan dan dimakan ini ialah untuk menjaga kelangsungan hidup suatu organisme. Melalui proses rantai kuliner inilah balasannya kita mengenal Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, dan Insektivora.

Dan berikut ini ialah klarifikasi ihwal binatang herbivora, karnivora, omnivora, dan insektivora yang menyangkut ciri-ciri berserta contohnya.

Hewan Herbivora

Secara etimologi (asal permintaan kata), kata Herbivora berasal dari abjad latin yaitu "Herba" dan "Vorare". Kata "Herba" bermakna "tumbuhan rerumputan" sedangkan kata "Vorare" artinya "memakan". Dengan demikian secara garis besar herbivora sanggup diartikan sebagai kelompok organisme yang memakan tumbuhan.

Ciri-ciri Hewan Herbivora

Hewan herbivora ialah binatang pemakan tumbuhan. Kelompok binatang ini hanya memakan flora sebagai materi makanannya. Sistem pencernaan pada binatang herbivora bisa mencerna sejumlah besar tumbuhan yang mengandung serat dan pati sebagai sumber energi utama bagi makanannya.

Berikut ini ialah ciri-ciri binatang herbivora
• Memiliki banyak gigi geraham yang rapat untuk mengunyah
• Berdarah panas
• Beranak (vivipar)

Contoh Hewan Herbivora


Penggolongan binatang menurut jenis makanannya tidak terlepas dari proses memakan dan dim Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya

Contoh organisme yang termasuk kelompok binatang herbivora ialah sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, kelinci, koala, gajah, jerapah, kuda, badak, dan panda.

Berdasarkan jenis makanannya, herbivora sanggup dikelompokkan lagi menjadi:
Frugivora
Frugivora ialah kelompok binatang pemakan buah. Kelangsungan hidup binatang frugivora tergantung pada kemampuan mereka berpindah daerah secara bebas pada bentang alam dalam upaya mencari makanannya yang berdasar pada musim. Contoh binatang frugivora yaitu kalong

Granivora
Granivora ialah kelompok binatang pemakan biji-bijian. Contoh binatang granivora yaitu burung pipit.

Nektivora
Nektivora ialah kelompok binatang pemakan nektar. Contoh binatang nektivora yaitu kupu-kupu.

Folivora
Folivora ialah kelompok binatang pemakan daun. Contoh binatang folivora ialah ulat.

Hewan Karnivora

Secara etimologi, kata Karnivora berasal dari bahasa Latin yaitu "Carno" dan "Vorare". Kata "Carno" bermakna "daging" sedangkankan "Vorare" artinya "memakan". Dengan demikian sanggup kita simpulkan bahwa Karnivora ialah kelompok binatang pemakan daging atau binatang lain.

Ciri-ciri Hewan Karnivora

Hewan karnivora ialah binatang pemakan daging. Kelompok binatang ini hanya memakan binatang lain sebagai materi makanannya. Oleh alasannya ialah itu binatang karnivora disebut juga predator (pemangsa binatang lain). Sistem pencernaan pada binatang karnivora relatif pendek. Hewan karnivora tidak mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi flora alasannya ialah sistem pencernaannya tidak sanggup melaksanakan proses pencernaan secara efisien terhadap flora yang mereka makan. Hewan karnivora akan mencukupi kebutuhan nutrisinya dari binatang yang dimangsanya.

Berikut ini ialah ciri-ciri binatang karnivora
• Memiliki mata khusus untuk berburu
• Memiliki gigi taring yang tajam untuk merobek daging mangsanya
• Memiliki rahang yang kuat
• Memiliki cakar untuk mencengkeram mangsa dikala berburu
• Berdarah panas

Contoh Hewan Karnivora


Penggolongan binatang menurut jenis makanannya tidak terlepas dari proses memakan dan dim Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya

Contoh organisme yang termasuk kelompok binatang karnivora ialah kucing, harimau, singa, macan tutul, anjing.

Karnivora pada binatang maritim contohnya ikan hiu, ikan piranha, gurita, cumi-cumi. Hewan tersebut akan berkembang biak secara ovovivipar, dan juga mempunyai ukuran badan yang besar kecuali ikan piranha.

Karnivora pada burung biasanya mempunyai cakar yang tajam dan paruh yang runcing, contohnya burung elang.

Hewan Omnivora

Secara etimologi, kata Omnivora berasal dari bahasa Latin yaitu "Omnis" dan "Vorare". Kata "Omnis" mempunyai arti "segala" dan sedangkankan "Vorare" artinya "memakan". Dengan demikian sanggup kita artikan bahwa omnivora ialah binatang yang memakan segala, baik daging maupun tumbuhan.

Ciri-ciri Hewan Omnivora

Hewan omnivora ialah binatang pemakan segala. Kelompok binatang ini memakan binatang lain dan juga flora sebagai materi makanannya. Sistem pencernaan pada binatang omnivora relatif panjang dan lebih fleksibel. Hal inilah yang menyebabkan binatang omnivora sanggup mengalihkan pola makan apabila satu jenis kuliner tidak tersedia. Hewan omnivora juga sanggup menyesuaikan jenis makanannya jikalau terjadi perubahan demam isu atau cuaca yang menyebabkan perubahan pada persediaan jenis kuliner yang ada di alam.

Berikut ini ialah ciri-ciri binatang omnivora
• Bentuk gigi diadaptasi dengan jenis makanannya
• Memiliki gigi taring dan gigi seri yang tajam
• Memiliki gigi geraham untuk mengunyah makanan
• Berkembang biak secara ovipar dan vivipar
• Berkaki dua namun ada juga yang berkaki empat

Contoh Hewan Omnivora


Penggolongan binatang menurut jenis makanannya tidak terlepas dari proses memakan dan dim Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya

Banyak sekali binatang omnivora yang bisa kita jumpai di sekitar kita. Hewan omnivora ada yang menguntungkan dan merugikan. Contoh organisme yang termasuk kelompok binatang omnivora ialah beruang hitam, serigala, rakun, simpanse, tupai, tikus, babi, musang, bebek, angsa, ayam.

Hewan Insektivora

Secara etimologi, kata Insektivora berasal dari bahasa Latin yaitu "Insectum" dan "Vorare". Kata "Insectum" mempunyai arti "sejenis serangga" sedangkan "Vorare" mempunyai arti "memakan". Dengan demikian kita sanggup menyimpulkan bahwa Insektivora ialah binatang pemakan serangga atau organisme kecil lainnya. Pada dasarnya insektivora termasuk salah satu jenis atau kategori dari karnivora alasannya ialah kelompok binatang ini memakan binatang lain yaitu serangga sebagai materi makanannya.

Sistem pencernaan pada binatang insektivora terbilang unik dan tergantung bentuk tubuhnya. Hewan insektivora umumnya tidak mempunyai ciri khusus namun sebagian besar binatang insektivora mempunyai pengecap yang menjulur untuk menangkap mangsanya.

Contoh Hewan Insektivora


Penggolongan binatang menurut jenis makanannya tidak terlepas dari proses memakan dan dim Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya

Pada umumnya binatang yang termasuk golongan insektivora ialah kelas reptil, amphibi, pisces, dan aves. Contoh binatang insektivora contohnya trenggiling, tokek, cicak, capung, kadal, katak, landak, bunglon, laba-laba.

Demikianlah pembahasan ihwal Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar