Rabu, 19 Februari 2014

Cara Menghadapi Buliying Di Sekolah

Cara menghadapi bullying di sekolah memang harus disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah maupun pihak orang tua. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir tindakan bullying yang terjadi di sekolah maupun lingkungan luar. Apalagi ketika ini berbagai bullying yang memakan korban hingga mengakibatkan kematian.
Cara menghadapi bullying di sekolah memang harus disosialisasikan kepada seluruh warga sek Cara Menghadapi Buliying di Sekolah
Bullying sendiri lebih dikenal sebagai perusakan, dan niscaya menjadi PR besar bagi pihak sekolah, orang tua, dan anak-anak. Jangan hingga anak di anak-anak atau anak-anak menjadi korban bulliying baik oleh teman sendiri atau orang dewasa. Penting bagi kita melaksanakan cara biar bullying sanggup di hilangkan, menyerupai ulasan berikut ini.

Tips-tips Menghadapi Bullying 

Belakangan ini dilema bullying memang banyak terjadi di Indonesia. Banyak anak sekolah yang menjadi korban bully sehingga membuatnya mengalami traumatik. Bahkan secara psikologis anak menjadi takut dan aib menghadapi teman sebayanya. Berikut ialah cara menghadapi bullying di sekolah.

1. Memberi Tahu Pihak Sekolah 

Sebagian besar masalah bullying terjadi di instansi sekolah. Jika benar adanya, maka segera bicarakan dengan pihak sekolah, yakni guru atau konselor. Pasalnya masalah bullying tidak diketahui pihak sekolah, lantaran anak-anak akan bertindak ketika tidak ada guru yang mengawasinya. Jadi, tak ada salahnya memberi tahu pihak sekolah, bila memang masalah bullying terus berlanjut.

2. Memberikan Rasa Nyaman pada Anak di Rumah

Pastikan Anda sebagai orang renta senantiasa memperlihatkan kenyamanan pada anak di rumah. Hal ini lantaran anak di sekolah pergaulannya sudah terancam dan ketakutan, sehingga harus diberikan rasa kondusif dan nyaman bersama keluarga. Anda juga harus meyakinkan dan mendukung anak bila sedang mengalami dilema bullying di sekolah. Biarkan anak menceritakan dilema di sekolah secara nyaman kepada Anda.

3. Melatih Reaksi Anak 

Cara menghadapi bullying di sekolah selanjutnya ialah dengan melatih anak untuk melaksanakan reaksi membela diri. Sebaiknya anak dilarang bereaksi secara berlebihan ketika menghadapi anak sedang dibully. Anda bisa melatihnya dengan reaksi sikap yang tegas, singkat dan jelas. Misalnya dengan kata-kata tegas menyerupai ini “jangan mengejek aku!” atau “tidak baik saling mengejek”. Makara latihlah reaksi anak dengan perkataan tersebut guna menghindari masalah bullying.

4. Membantu Anak Cari Solusi 

Biasanya anak yang mengalami korban bullying merasa tidak berdaya, putus asa, dan ketakutan. Pastikan sebagai orang renta untuk memberdayakan anak dalam mencari solusi terbaik. Anak harus diberikan kemampuna dalam memecahkan dilema lantaran sangat berguna, bahkan hingga anak tumbuh sampaumur nanti. Masalah bullying akan terjadi pada ketika anak sendirian, tanpa orang renta dan guru, jadi ia harus bisa menuntaskan masalahnya sendiri.

Itulah cara menghadapi bullying di sekolah yang harus kita ketahui. Paling tidak anak harus selalu diperhatikan dalam bergaul di lingkungan sekolah, daerah bermain dan keluarga sendiri. Hindari memarahi anak-anak tanpa alasannya ialah yang berarti lantaran akan membuatnya semakin tertekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar